Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

mukhtashor jiddan makna pesantren pdf lengkap

 

Mukhtashor jiddan makna pesantren

SANTRI NGOLAH PIKIR _ mukhtashor jiddan makna pesantren pdf lengkap.

Bagi santri pondok pesantren, tentunya sudah tidak asing lagi dengan salah satu kitab yang sering di kaji di pondok pesantren yaitu kitab mukhtashor jiddan. Kitab ini mengulas tentang gramatika bahasa Arab atau yang biasa di sebut nahwu Sharaf.

Berikut sedikit penjelasan tentang kitab mukhtashor jiddan, di akhir artikel kami juga sediakan link download mukhtashor jiddan  makna pesantren.

mukhtashor jiddan

Mukhtashor jiddan merupakan buah tangan dari Syekh Abul Abbas Ahmad bin Sayyid Zaini Dahlan, seorang mufti Syafi’iyah di Makkah Al-Mukarramah yang lahir pada tahun 1232 H. 

Mukhtashor jiddan mengandung pengertian ringkasan yang teramat ringkas. Kitab ini merupakan syarah atau komentar dari kitab matan jurumiyah.

Baca juga:

Mukhtasar Jiddan Terdiri dari 23 bab mengikuti bab matannya plus satu penutup dari muallif. Secara garis besar 23 bab itu terbagi menjadi lima pembahasan global meliputi: pembahasan kalam dan i’rab, pembahasan fi’ilmarfu’atil asma (isim-isim yang dibaca rafa’), mansubatil asma (isim-isim yang dibaca nashab), dan makhfudhatil asma (isim-isim yang dibaca khafd).

Berikut ini merupakan pasal-pasal yang di bahas dan di ulas dalam kitab mukhtashor jiddan:

I’rab.Fi’il.Marfu’atil asma.Fa’il.Naibul fa’il.Mubtada khabar. 
Amil-amil yang masuk pada mubtada dan khabar,
Na’at.Athaf.Taukid. Badal. Mansubatil asma. Maf’ul bih. Masdar. Dharaf zaman dan makan. Hal.Tamyiz. Istisna’. La. Munada.Maful min ajlih. Maf’ul maah. Makhfudhatil asma. Khatimah (penutup dari muallif).

Sekilas biografi singkat penulis mukhtashor jiddan

Seperti yang sudah di singgung di atas, mukhtashor jiddan di tulis oleh Syekh Ahmad Zaini Dahlan. Beliau merupakan ulama besar madzhab Syafi'i. Sebagaimana ulama lainnya, Syekh Ahmad banyak belajar keilmuannya dari guru-gurunya yang tersebar di Makkah, Yaman, Damaskus, Mesir dan lainnya.

Syekh Ahmad Zaini Dahlan juga termasuk ulama produktif. Ada banyak karya yang dapat menjadi bukti kealimannya. Karya-karya Syekh Ahmad Zaini Dahlan di antaranya ialah: Sirah Nabawiyah, Tarikh Thabaqatil Ulama, Al-Jadwalul Mardhiyyah fi Tarikhid Daulah Al-Islamiyah, Syarah Alfiyah Ibnu Malik.

Mukhtashor jiddan makna pesantren

Sesuai janji kami di atas, di akhir artikel ini kami berikan link download mukhtashor jiddan makna pesantren. Bagi temen-temen yang mau mempelajarinya silahkan klik tautan di bawah ini.

NAMA KITAB  : mukhtashor jiddan
PENULIS          :  Syekh Ahmad Zaini Dahlan

BAHASA          : Arab makna pesantren

HALAMAN     : 28
FORMAT         : pdf

KLIK DISINI

Harapan kami,semoga bermanfaat dan kami tidak menganjurkan mencetak sebagian atau seluruh isi kitab ini.
Ini hanya sebagai koleksi pribadi.
Sekian,semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.

Post a Comment for "mukhtashor jiddan makna pesantren pdf lengkap"