Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mafahim Yajibu An Tushohhah Makna pesantren

Mafahim Yajibu An Tushohhah Makna pesantren

 SANTRI NGOLAH PIKIR_ Mafahim Yajibu An Tushohhah Makna pesantren

Salah satu kitab istimewa yang sering di kaji di kalangan pondok pesantren adalah kitab Mafahim Yajibu An Tushohhah. Mafahim Yajibu An Tushohhah merupakan buah karya dari Sayyid Muhammad Bin Alwi Al-Maliki Al-Hasani. 

Sayyid Muhammad Bin Alwi Al-Maliki Al-Hasani merupakan seorang ulama' agung dan pengajar di sebuah universitas ternama di Makkah. Beliau bergelar guru besar di tempat itu.


Latar belakang di tulisnya kitab Mafahim Yajibu An Tushohhah

Mafahim Yajibu An Tushohhah merupakan kitab istimewa. Di sebut istimewa di karenakan pada saat penulisannya, Sayyid Muhammad Bin Alwi Al-Maliki Al-Hasani begitu banyak mendapat cobaan. 

Sesuai namanya Mafahim Yajibu An Tushohhah yang berarti faham-faham yang harus di luruskan. Di dalamnya membahas Fiqih akal, adab, akidah, kenabian dan hal yang berkaitan dengan ahlussunah wal jamaah.

Mafahim Yajibu An Tushohhah terdiri dari tiga bab utama, tiap-tiap bab mempunyai sub babnya yaitu:

  • Bab 1 mengulas tentangmu akidah.
  • Sub babnya berisi antara lain tentang tawasul, bid'ah, madzhab yang semuanya di bahas secara mendalam dan menyeluruh.
  • Bab 2 membahas tentang kenabian.
  • Sub babnya di antaranya adalah hukum tabarruk, keistimewaan Nabi Muhammad Saw, hakikat kenabian.
  • Bab 3 membahas Keramat bagi orang shaleh, Tentang Hukum Ziarah Kubur, Tentang Tabarruk terhadap peninggalan-peninggalan Nabi dan Pembahasan seputar Hari Besar Islam seperti Hukum Maulid Nabi Muhammad SAW, Tentang Kehidupan Nabi di Alam Barzakh , Keutamaan Jasad Nabi di alam Barzakh, tentang Nabi Muhammad menjawab yang memanggilnya.

    Karena isi dari Mafahim Yajibu An Tushohhah yang lebih condong ke aliran ahli sunah wal jamaah inilah yang menjadi salah satu penyebab

     Sayyid Muhammad Bin Alwi Al-Maliki Al-Hasani di musuhi dan mendapatkan kecaman dari berbagai pihak khususnya dari kaum Wahabi.

    Beliau juga sempat di kucilkan dan di tuduh sesat. Selain itu, kitab-kitab buah karya dari Sayyid Muhammad Bin Alwi Al-Maliki Al-Hasani juga di larang di cetak dan di kaji.

    Dengan dasar niat yang tulus dan ikhlas untuk menyampaikan suatu kebenaran, serangan yang bertubi-tubi dari berbagai pihak yang tidak sepaham dengannya, tidak membuat sedih dan gentar sedikitpun. Beliau tetap sabar dan ikhlas. Dengan kesabaran tersebut akhirnya berbuah manis, karena Mafahim Yajibu An Tushohhah sampai sekarang masih di kaji dan di pelajari di berbagai tempat pendidikan islami terutama yang berhaluan ahlussunah wal jamaah.

    Baca juga:


    Mafahim Yajibu An Tushohhah Makna pesantren

    Dari sedikit uraian di atas, tentunya pembahasan dari Mafahim Yajibu An Tushohhah menarik untuk di pelajari. Lantas seperti apa isi dari Mafahim Yajibu An Tushohhah selengkapnya?

    Silahkan sahabat santri ngolah pikir baca dan pelajari sendiri Mafahim Yajibu An Tushohhah makna pesantren dengan mengklik tautan di bawah ini.

    NAMA KITAB : Mafahim Yajibu An Tushohhah 

    PENULIS         : Sayyid Muhammad Bin Alwi Al-Maliki Al-Hasani 

    HALAMAN     : 358

    FORMAT         : pdf


    GET NOW

    Untuk mencari kitab makna pesantren lainya silahkan temen-temen klik DISINI.

    Kembali admin ingatkan, apabila temen-temen kurang paham atau tidak mengerti dari Mafahim Yajibu An Tushohhah, silahkan sahabat santri ngolah pikir bertanya kepada guru atau orang yang ahli dalam hal kitab kuning, supaya tidak terjadi kekeliruan dalam memahaminya.

    Sekian, semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya semoga mendapat ilmu yang bermanfaat.

    Jangan lupa untuk di share.

    Sumber file: Muh. Khatib ( semoga jadi ladang pahala baginya).

    Post a Comment for "Mafahim Yajibu An Tushohhah Makna pesantren"