Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kitab sunan Tirmidzi juz 1 makna pesantren pdf

 

Kitab sunan Tirmidzi juz 1 makna pesantren pdf 
Kitab sunan 
 Tirmidzi juz 1

 

 SANTRI NGOLAH PIKIR_ Kitab sunan Tirmidzi juz 1 makna pesantren pdf.

Bagi kalangan santri, tentunya tidak asing dengan kitab sunan Tirmidzi. Kitab ini termasuk kitab hadist yang populer dan monumental, bahkan menjadi bahan rujukan bagi para ulama.

Di dalam kitab ini terdapat sekitar 3.956 hadist yang terbagi menjadi 50 bab dengan berbagai pembahasan. Salah satu ciri khas kitab ini adalah adanya penjelasan isnad hadis serta pendapat-pendapat dari beberapa imam mazhab.

Baca juga:

Sesuai namanya, kitab ini merupakan buah karya dari imam Tirmidzi. Nama lengkap beliau adalah Abu Isa Muhammad bin Isa bin Saurah At-Tirmidzi.

Kecerdasan beliau telah diakui oleh kalangan ulama. Al-Hafiz Abu Hatim Muhammad ibn Hibban, salah seorang kritikus hadist mengatakan bahwa beliau adalah seorang «siqat», yaitu orang yang dapat dipercayai dan sangat kokoh hafalannya.

Beliau juga belajar kepada ulama-ulama hadist besar lain, seperti Imam Muslim dan Abu Dawud.
Guru-guru lainnya adalah Muhammad bin Basysyar, ‘Ali bin Hajar, Ahmad bin Muni’, Qutaibah bin Sa’id, Ishaq bin Musa, Mahmud bin Gailan.

Kitab sunan Tirmidzi merupakan kitab tebal yang terdiri dari lima juz. Biasanya kitab ini di kaji di pondok pesantren dengan sistem Bandungan, yaitu guru atau kyai membaca kitab perkata dan mengartikannya, lalu para santri menulis artinya dengan menggunakan tulisan gaya Arab Pegon.

Untuk mengenang masa-masa di pondok pesantren dahulu, atau bagi temen-temen yang sedang mencari kitab sunan Tirmidzi makna pesantren,berikut kami berikan link downloadnya.

Berikut link download kitab sunan Tirmidzi juz 1, silahkan klik tombol get now di bawah ini.

GET NOW

Untuk juz yang kedua, insyaallah akan kami berikan linknya pada artikel selanjutnya.
Semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya.

Sumber file: K.muh.khatib

Post a Comment for "Kitab sunan Tirmidzi juz 1 makna pesantren pdf"